image

Siksa Kubur

D
Thriller | Horror | Drama
7.5
Critic Score
7.9
Audience Score
Movie Info

All of you of this Earth, when the mourners take their seventh step in leaving your grave… Question from the Angel of Death should be answered. If you fail, so shall it come:

Genre :Thriller, Horror, Drama
Original Language : Bahasa Indonesia
Director :Joko Anwar
Producer:Tia Hasibuan
Writer:Joko Anwar
Cast:
Faradina Mufti, Reza Rahadian, Fachry Albar, Happy Salma, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Widuri Puteri, Muzakki Ramdhan, Arswendi Nasution
Release Date:16 Sep, 2024
Runtime: 1 Hours 57 Minutes
Production Co:Come and See Pictures, Rapi Films



Where To Watch
xxl-logo


Audience Review

2
Siksa Kubur Score
Apr 13, 2024
icon
Frank Frőgenheim

"A film with, ultimately, nothing to show and nothing to tell"

Premis 'Siksa Kubur' bisa dibilang menarik karena meski bertema agama namun mencoba membedah agama itu sendiri. Namun, Joko Anwar, meskipun mencoba, gagal memberikan jawaban pada ending film yang setara dengan pertanyaan yang diberikan pada awal film. Semuanya serba nanggung.

Penulisan cerita berantakan, terlihat dari tengah dan akhir film yang bingung mau ngapain. Tidak percaya dengan ide yang ingin digambarkan, terlihat karena ujungnya bergantung pada jump scares dan shock value murahan yang sama sekali tidak memberikan kesan menakutkan. Yang penting ente kaget, itu saja.

Dari segi teknis, Siksa Kubur juga tidak konsisten. Pergerakan kamera yang berusaha dinamis dengan mengikuti pergerakan orang atau objek yang ingin ditunjukan, sebagai build up dari klimaks adegan juga buang-buang waktu, karena ujungnya cuma menunjukkan jump scare setan CGI yang bikin ketawa saja.

Satu poin yang positif adalah akting di filmnya bisa dibilang bagus terlepas dari penulisan karakter yang berantakan.

Bisa dibilang, Siksa Kubur tuh film Joko Anwar banget, setidaknya film-filmnya setelah Pengabdi Setan 1.

Semoga lain kali Bang Joko Anwar lebih fokus bikin cerita yang koheren, dari pada gembor-gemborkan inspirasi filmnya supaya sekedar terdengar kayak sutradara dengan pustaka film yang luas. Jangan kasih pertanyaan kalau nggak ngerti jawabannya apa. Klimaks yang berusaha "meledak" gak akan berguna kalau sepanjang film gak berhak mendapatkan klimaks kayak gitu.



Where To Watch
xxl-logo