image

Kupu-Kupu Kertas

D
Drama
5.0
Critic Score
7.2
Audience Score
Movie Info

Semesta mempertemukan Ning (Amanda Manopo) dengan Ihsan (Chicco Kurniawan) sehingga tumbuh rasa cinta. Di saat hubungan mereka sedang hangat, gejolak perseteruan ideologi saat itu telah menjadi konflik panas, membuat Ning dan Ihsan harus terpisah. Di tempat lain Busok (Reza Oktovian), anak buah orang tua Ning, telah menunggu ingin menikahinya. Apakah Ning dan Ihsan akan tetap bersama ataukah Busok yang akan menjadi pilihan hati Ning?

Genre :Drama
Original Language : Indonesian
Director :Emil Heradi
Producer:Yoen K, Denny Siregar
Writer:Rahabi Mandra, Jocelyn Cordelia
Cast:
Chicco Kurniawan, Iwa K, Amanda Manopo, Ayu Laksmi, Reza Oktovian, Fajar Nugra, Samo Rafael, Seroja Hafiedz
Release Date:26 Sep, 2024
Runtime: 0 Hours 0 Minutes
Production Co:Maxima Pictures, Denny Siregar Production



Where To Watch
xxl-logo


Audience Review

8
Kupu-Kupu Kertas Score
Sep 27, 2024
icon
Fairuz Fernanda

KUPU-KUPU KERTAS ( 8,5/10 )

"Kupu-Kupu Kertas" merupakan sebuah film drama sejarah yang memiliki kualitas cukup mewah !!!

"Kupu-Kupu Kertas" adalah sebuah film yang memadukan 3 unsur sekaligus, yaitu drama, sejarah, & action. Sebelum gua bahas kekurangan yang ada pada film ini, gua akan bahas dulu kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh film ini. Pertama-tama ada sinematografi nya yang sangat cantik, mewah, & memanjakan mata sekali, karena sinematografi pada film ini cukup berhasil menggambarkan nuansa keindahan pemandangan alam pulau jawa pada tahun 1965, terutama pada daerah Banyuwangi yang menjadi latar tempat utama film ini. Scoring music yang digunakan oleh film ini pun juga sangat mewah & tepat, karena scoring music yang digunakan oleh film ini tuh sudah cukup berhasil dalam membangun emosional penonton saat menyaksikan film ini.

Storyline film ini sudah cukup oke, sebab film ini menawarkan premis cerita yang cukup berani & menarik yang juga dikemas dengan sangat menarik & seru. "Kupu-Kupu Kertas" mengisahkan tentang hubungan organisasi PKI dan NU yang tidak harmonis di Banyuwangi pada 1965. Lebih mengerucut lagi, ada sejoli kekasih yang saling jatuh cinta, tetapi keluarga mereka masing-masing memiliki ideologi berbeda. Di saat PKI dan NU terjadi konflik hebat, hubungan asmara sejoli tersebut berada dalam dilema.

Film ini pun juga didukung dengan performa akting dari para aktor yang terlibat dalam produksi film ini yang memiliki kualitas cukup mumpuni.

Nah sekarang gw akan bahas kekurangan-kekurangan yang ada pada film ini, yang pertama itu ada di bagian storyline nya, karena menurut gw storyline film ini tuh gak konsisten / gak bisa menyeimbangkan antara unsur drama & action, jadi kesannya film ini tuh seperti kehilangan arah / bingung mau dibuat seperti apa. Dan ada 1 hal lagi yang menjadi bagian kekurangan dari film ini, yaitu chemistry antara Chicco Kurniawan (Ikhsan) & Amanda Manopo (Ning) yang terkesan kurang spesial / b aja, karena menurut gw proses pertemuan & pengenalan mereka berdua itu dibuat terlalu cepat sehingga chemistry mereka berdua jadi kurang terbangun.

Kesimpulannya adalah film "Kupu-Kupu Kertas" adalah sebuah film drama sejarah yang serba nanggung, akan tetapi hal tersebut masih bisa dimaafkan berkat kualitas teknis film ini (sinematografi, scoring music, dll) yang sangat luar biasa keren & mewah sekali.



Where To Watch
xxl-logo