image

Land of Happiness

R
Drama
7.0
Critic Score
8.0
Audience Score
Movie Info

26 Oktober 1979, peristiwa pembunuhan presiden mengguncang negara. Menjadi bagian dari tim pembela Park Tae-joo, sekretaris yang terlibat dalam pembunuhan presiden, pengacara Jung In-hoo terlibat dalam salah satu persidangan politik paling terkenal di Korea Selatan. Meskipun Park Tae-joo menghadapi hukuman yang sudah ditentukan karena status militernya, Jung In-hoo berjuang tanpa kenal lelah untuk memastikan persidangan yang adil, marah karena ketidakadilan dalam proses persidangan tersebut.

Genre :Drama
Original Language : Korean
Director :Choo Chang-min
Producer:Lee Jun-tack, Jang Jin-seung, Lee Yong-nam
Writer:Heo Jun-seok, Choo Chang-min
Cast:
Cho Jung-seok, Lee Sun-kyun, Yoo Jae-myung, Woo Hyeon, Lee Won-jong, Jeon Bae-soo, Song Young-gyu, Choi Won-young, Kang Mal-geum, Park Hoon
Release Date:04 Sep, 2024
Runtime: 2 Hours 4 Minutes
Production Co:Oscar 10 Studio, Papas Film



Where To Watch
xxl-logo


Audience Review

8
Land of Happiness Score
Sep 04, 2024
icon
Ilyasa Dwi Saputra

FILM DRAMA POLITIK PALING BENGIS DAN MENGHARUKAN

Film yang mengangkat sebuah kasus nyata yang kompleks dan penuh misteri, Land of Happiness mengisahkan pengacara Jung In-Hoo, yang berjuang untuk menyelamatkan kliennya, Park Tae-Joo pada tahun 1979. Park Tae-Joo dituduh terlibat dalam pembunuhan presiden.

Isu paling penting yang dibahas di pengadilan ialah tentang apakah tindakannya merupakan pemberontakan yang telah direncanakan atau kepatuhan terhadap perintah karena tekanan. Di sisi lain, Park Tae Joo yang memegang teguh kesetiaan enggan memberikan kesaksian yang dapat menyelamatkan dirinya sendiri.

Boleh jadi ini juga film karya fiksi sejarah yang mencakup kudeta yang membawa presiden ke-3 Korea yang benar-benar diktator (berkuasa).

Dari beberapa point of view, tentu film ini memiliki peran yang cukup krusial dan mengharukan bagi kalangan kelas kakap dan pengagum sosialis.

Dunia ini penuh akan hukum dan norma yang berlaku, dimana titik terpedih seorang politisi memperjuangkan keadilan namun dalam keraguan dan loyalitas tanpa batas menembus stigma yang berlaku baginya dengan segenap perlakuan yang tidak memihak atasnya.

Sajian drama yang sangat kuat membentang merubah pola pikir kita tentang sikap apatis dan ketidaksetaraan dalam sebuah kapasitas ruang lingkup suatu bidang.

Akting Jo Jung-suk sebagai Lawyer yang sangat begitu all Out dalam menangani kasus sang klien-nya yang dituduh atas pembunuhan presiden. Ia sangat solid dalam menciptakan emosi yang enggan terbendung, ia sukses membangun karakter Jung In ho yang konyol dan tangguh tidak takut akan ancaman dan perundungan, sangat berani dan bebal. Berkat kemampuan aktingnya pun yang diberikan beberapa unsur komedi ringan dan lumayan menghibur menjadikan film tidak terasa membosankan sehingga di film ini ia juga menjadi lead character sekaligus MVP dan berhasil membuat film ini terasa hidup seolah nyawanya ada di dia.
Selain itu aspek visual yang disajikan cukup mewah dan penggunaan scoring di setiap sequence-nya mampu membangkitkan rasa haru dan tangis yang tak kuasa untuk dibendung. Dan jalinan cerita yang sangat berpotensi menggabungkan unsur politik dan drama.

Hanya saja suguhan Konflik cerita yang terasa cukup rumit dan agak berat. Sehingga penonton perlu fokus dan lengah sedikit aja akan kebingungan atas semua tragedi yang sedang berlangsung di filmnya. Lalu, Sutradara seperti terpaku sama percakapan yang lumayan lambat, akhirnya tidak membangun ketegangan atau drama yang intens karena bagian yang bagus dari film diambil dengan cara seperti itu. Meskipun demikian, para aktor melakukan build up yang fenomenal.

Secara keseluruhan film ini sangat wajib untuk ditonton bagi kalangan yang suka drama tentang isu politik yang menjabarkan akan kekuasaan, jabatan, hukum, dan mental.
Film yang lumayan sensitif namun perlu diulik dan dibahas tentang true issue penghakiman yang terselubung dalam sejarah dunia.



Where To Watch
xxl-logo