image

Civil War

D
Action | Drama | Science Fiction
8.2
Critic Score
8.2
Audience Score
Movie Info

In the near future, a group of war journalists attempt to survive while reporting the truth as the United States stands on the brink of civil war.

Genre :Action, Drama, Science Fiction
Original Language : English
Director :Alex Garland
Producer:Andrew Macdonald, Allon Reich, Gregory Goodman
Writer:Alex Garland
Cast:
Kirsten Dunst, Cailee Spaeny, Wagner Moura, Stephen McKinley Henderson, Nick Offerman
Release Date:30 Apr, 2024
Runtime: 1 Hours 49 Minutes
Production Co:A24, DNA Films, IPR.VC



Where To Watch
xxl-logo


Audience Review

10
Civil War Score
May 03, 2024
icon
Ilyasa Dwi Saputra

Civil War, sebuah cerita tentang perjalanan sekelompok jurnalis perang di era bobroknya demokrasi sebuah negara, berada di garis terdepan sebagai mata dan telinga untuk dunia yang mencatat dan mengabadikan terjadinya peristiwa sejarah.

Film yang semua aspeknya terasa sempurna. Memberikan sensasi horor psikologis justru dengan latar siang yang terang benderang. Visualisasi yang indah, penuh makna di setiap pengambilan gambar. Sound design megah sekaligus creepy yang sukses membuat terpenjat berkali-kali dan merangsang bulukuduk berdiri. Karakterisasi pun kuat dan merata, sesuai porsi, serta memberikan karakter development yang sukses menohok sisi kemanusiaan penonton pada akhirnya.

Penonton dibuat seakan menjadi bagian dari kelompok jurnalis ini yang hendak pergi ke Washington DC untuk menjalankan misi menemui dan mewawancarai Presiden. Dalam situasi-situasi genting, kita diseret untuk terlibat secara psikologis, membuat adrenalin meningkat dan tanpa sadar kakipun ikut berjingkat di kursi bioskop. Berbagai rasa ditanggung bersama, takut, sedih, passionate, bahagia, kita dibuat seakan berada di dalamnya. Hal ini tak lepas dari kombinasi penyutradaraan visual dan sound designer yang luar biasa epic. Sebuah pengalaman sinematik yang extraordinary.

Meskipun termasuk kategori 'slowburn' yang kerap dianggap membosankan, film Civil War menawarkan dialog-dialog unik yang terkadang menggelitik diri sebagai manusia. Percakapan yang sebenarnya sederhana namun jika dilihat dari sudut pandang peperangan, akan memiliki makna yang mendalam.

Film Civil War sangat aku rekomendasikan untuk dinikmati dalam format bioskop dengan ketajaman speaker dan layar yang maksimal. Seperti studio IMAX.



Where To Watch
xxl-logo