image

Siksa Kubur

D
Thriller | Horror | Drama
7.5
Critic Score
7.9
Audience Score
Movie Info

All of you of this Earth, when the mourners take their seventh step in leaving your grave… Question from the Angel of Death should be answered. If you fail, so shall it come:

Genre :Thriller, Horror, Drama
Original Language : Bahasa Indonesia
Director :Joko Anwar
Producer:Tia Hasibuan
Writer:Joko Anwar
Cast:
Faradina Mufti, Reza Rahadian, Fachry Albar, Happy Salma, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Widuri Puteri, Muzakki Ramdhan, Arswendi Nasution
Release Date:16 Sep, 2024
Runtime: 1 Hours 57 Minutes
Production Co:Come and See Pictures, Rapi Films



Where To Watch
xxl-logo


Audience Review

7
Siksa Kubur Score
Apr 11, 2024
icon
Agung Baskoro

Never miss Joko Anwar film. Ever.

Film horror rasanya udah identik dengan nilai yang di atas standar, “Great” atau bahkan “Excellent” sekalipun bisa kalo ada bumbu-bumbu dari Joko Anwar. No doubt. Berangkat dari Pengabdi Setan ngebuat standar film horror Indonesia udah sangat jauh meningkat. Bahkan aktor film ini, Reza, bilang kalo dia gamau main horror kalo standarnya bukan setinggi film-film kayak Pengabdi Setan. Cmiiw.

Dan akhirnya muncullah Siksa Kubur. Imho, film ini lah yang bener kalo ngomongin tentang film dengan tema “Siksa”. Berkualitas. Jujur banget, film ini punya rasa sendiri buat gue dari segi ekspektasi. Gue nunggu banget ini film dari tahun lalu… So, ekspektasi gue sangat mengawan, membayangkan film selanjutnya dari Jokan apalagi horror tuh kayak gimana. Kayaknya ini inspirasinya dari film pendeknya yang SAMPAI SEKARANG gue blm pernah nonton karena setakut itu woy! Dengan judul yang sama di Youtube. Gonna check it out next time.

Gue abis nonton ini sakit banget di dada weh. Bukan karena gue penyakitan,tapi scoring/sound design sama tensi di akhir filmnya bener-bener bikin nafas gue terhambat jadinya ngos-ngosan. Sini gue kasih gambaran, lu bayangin aja ada scene yang awalnya santai, ambiencenya tenang bukan yang total hening gitu lah, terus tiba-tiba ada sound yang DUAAAAAAAAAR DAR DERRRR DORRR. Gak cuma yang menggelegar kaayak gitu aja, tapi adalah di beberapa part soundnya tuh dibuat kek kita ngerasa “ga tenang, serasa diteror” sama filmnya. Kayak ga ada ruang buat lu untuk nafas.

Soal tensi film, sebenernya film ini udah memenuhi standar tipikal film horror pada umumnya sih, setup-jumpscare-climax. Tapi Siksa Kubur ini “hampir” do this perfectly. Teorinya, di awal film yang bagus itu harus ada 10 menit scene awal yang ngebikin penonton tuh mikir kek “AH GUE BAKAL TONTON NI FILM SAMPE ABIS”. Dan bener aja film ini tuh udah nyuguhi itu, scene yang bener-bener bikin excited banget setelah itu. Damn bro… i mean BOOM bro. Sejam setelahnya film ini lagi bikin setup nya yang menurut gue kelewat lambat dengan dialog yang gue rasa di beberapa scene kok kek kaku bgt ya. Dan gue ngerasa lompat-lompat gak smooth dari scene satu ke scene lainnya. Beberapa scene kayak mau ngasih tau sesuatu aja gitu untuk ngedukung filmnya, tapi cukup untuk tau aja, impactnya menurut gue agak kurang ke main line nya. Tapi kalo filmnya udah mulai masuk ke fase akhir, akhhh udah selesai itu jantung lu…

Actors side? Lu mau ngeliat aktor all star Indonesia main di film horror? Ya pas, disini aja. Bukan cuma kuantitas aja, tapi kualitas mereka keliatan di film ini. Faradina sebagai main char yang pas banget sama role Sita, Reza sebagai supporting role yang ya reza being reza dan yang paling gokil si Ngkong Slamet “Nang Ning Nang” Rahardjo. Pokoknya hampir semua aktor oke banget sih, gue bakal panjang banget kalo jelasin karena bener-bener punya detil masing-masing. Pokoknya udah okehhh, kecuali pemeran ismail sih wkwkwkkw no offense tp untunggg aja dia porsinya dikit.

Visual dan story? VISUAL? Mungkin gak sebanyak ekspektasi banyak orang karena judul ya “Siksa Kubur” tapi percayalah, scene yang segitu aja udah bakal bikin dada lu bunyi sampe duggggg!! Efek CGI memang keliatan kasar di beberapa scene, tapi still ok lah. Visualnya banyak yang tidak terduga. Kek misal adanya jumpscare dari munculnya penampakan sampe death scenenya tuh tbtb bangetttt… meskipun ada sih yg rada-rada tuh gue liat kyk bentuk monster/setannya wkwkw. Karena ini judulnya Siksa Kubur, bukan Neraka jadi cukuplah buat gue ngerasain kengeriannya dengan tanpa adanya api-api yg menyala abangku.

Nah main point dari sebuah film, a story. Sebenernya premis film nya bener-bener simple. Sita ini mau tau, ada gak sih siksa kubur itu. Mau cari tau di kuburan orang yang paling berdosa menurut dia gitu, simple aja kan? Ternyata gaaak wkwkw. Seperti yang gue bilang, 1 jam lebih awal emang lagi bikin setup untuk mencapai ending yang klimaks. Di fase setup itu nyeritain kehidupan Sita dan Adil dewasa dengan banyak konflik-konflik berbeda tiap karakternya, kinda slow tapi tetep worth to watch karena ga bosenin… ada scene yang surprising juga lah. Nah di ending nya baru ini film bener-bener nyiksa. Bukan cuma nyiksa penonton sampe kelar film, tapi setelah film juga wei. Bikin penonton ngang-ngong. It’s clearly an open ending, tapi gue yakin gak se open itu. Ninggalin penonton dengan banyak tanda tanya di akhir film yang perlu dijelasin lebih lanjut, atau dengan nonton lebih dari sekali untuk cari the missing pieces nya.

It’s a well done, but still didn’t fulfill my expectations.



Where To Watch
xxl-logo